Wireless, Wi-Fi dan HotSpot

Kamis, 11 Maret 2010


Wireless Network, Jaringan Wireless menggunakan gelombang radio (Radio Frequency/RF) atau gelombang micro untuk melakukan komunikasi antar perangkat jaringan komputer. Kelebihan utama dari jaringan wireless ini adalah mobilitas dan terbebasnya perangkat dari kerumitan bentangan kabel sedangkan kekurangan utamanya adalah adanya interferensi radio oleh cuaca, perangkat wireless lain, halangan tembok, gedung, bukit, gunung atau bahkan pohon besar yang tinggi (Line of Sight.


Wi-Fi (Wireless Fidelity), Sebenarnya merupakan merek dagang wireless LAN yang diperkenalkan dan distandarisasi oleh Wi-Fi Alliance. Lembaga non‐frofit ini terdiri antara lain 3Com, Acer, AMD, Apple, Dell, D‐Link, Ericsson, Fujitsu, Intel, Microsoft, Nortel Network, Siemens, Sony, Toshiba, dan US Robotics. Wi‐Fi Alliance bertanggung jawab dalam pengujian dan sertifikasi produk‐produk berbasis Wi‐Fi. Standar Wi-Fi didasarkan pada standar IEEE 802,11. Sertifikasi Wi-Fi ( WiFi Certified ) adalah proses untuk memastikan kesesuaian (interoperabilitas) antar peralatan wireless LAN 802.11, termasuk Access Point (AP), wireless card (perangkat kartu wireless), dll

HotSpot, merupakan coverage area yang dimiliki access point agar komputer dgn perangkat wireless di sekitar dapat terkoneksi internet. Hotspot menyediakan layanan wireless LAN dan internet secara gratis maupun dengan biaya. Area Hotspot biasanya menggunakan tempat area umum (seperti ruang lobby, area parkir, kantin dll) agar perangkat WLAN yang digunakan user bisa melakukan akses kelayanan Access Point.

Kesimpulan : Wireless adalah jaringan/network yang digunakan, Wi-Fi merupakan Standar teknologi yang memungkinkan terciptanya sebuah jaringan wireless sedangkan HotSpot merupakan Area / Lokasi dimana jaringan wireless ditemukan oleh perangkat wireless.

Mempublikasikan secara sah :


Baca dan kasih komentar:

0 komentar: